Situs Sejarah Banyuwangi Rusak

Juru bicara Komunitas Pecinta Sejarah Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kisma Donna Wijaya, mengatakan banyak situs sejarah di daerahnya rusak dan hilang. "Rusak karena pembangunan dan dijarah masyarakat," kata dia, Kamis, 18 April 2013.

Puluhan penggiat sejarah, Kamis siang, menggelar peringatan Hari Pusaka Dunia yang jatuh setiap tanggal 18 April 2013. Kegiatan itu diikuti puluhan orang dari Komunitas Pecinta Sejarah Blambangan, mahasiswa Sejarah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Garasi Hijau, Komunitas Fotografer dan sejarawan lokal.

Menurut Kisma, situs-situs yang rusak misalnya Situs Macan Putih di Kecamatan Kabat, Situs Hindu-Budha di Kecamatan Muncar, dan situs-situs peninggalan era Kolonial Belanda. Berbagai situs-situs tersebut rusak karena beralihfungsi menjadi mal, pertokoan, dan pemukiman. Masyarakat juga sering menjarah dan menjual ke pihak yang tak bertanggungjawab.

Situs-situs yang saat ini masih ada, kata Kisma, terancam karena Pemerintah Banyuwangi belum memiliki Peraturan Daerah Cagar Budaya. "Karena itu kami mendorong Pemkab Banyuwangi segera menerbitkan perda cagar budaya," kata dia.

Menurut Kisma, situs sejarah cukup penting untuk membangkitkan nasionalisme dan jati diri bangsa. Situs seharusnya menjadi cermin supaya kehidupan bangsa lebih baik dari masa lalu.

Massa memperingati Hari Pusaka Dunia dengan menjelajah situs bersejarah mulai titik nol kilometer di Jalan PB Sudirman hingga kompleks Inggrisan. Sambil berorasi, massa membentangkan berbagai poster yang berisi pentingnya menjaga kelestarian situs sejarah.

Hasnan Singodimayan, budayawan lokal, mengatakan Banyuwangi memiliki akar sejarah yang kuat. Banyuwangi menjadi bagian Kerajaan Blambangan yang merupakan kerajaan Hindu terakhir di Pulau Jawa. Blambangan berdiri abad ke-13 hingga abad ke-18, tiga abad lebih lama dari Majapahit.

Blambangan menjadi rebutan kerajaan-kerajaan Islam seperti Demak, Pajajaran, Mataram serta kerajaan Hindu di Bali. Selain itu, Inggris dan Eropa saling bersaing menguasai Blambangan. "Karena itu Banyuwangi memiliki banyak situs bersejarah," kata dia.

sumber gambar : www.kapanlagi.com


Seperti biasa kita dateng lagi buat update chart international versi kita nih. Nah kalo di awal minggu lalu kan pemuncak kita adalah si Fenomenal Pharrell Williams, kali ini Pharrell tetap jaya di top chart minggu ini lho Sobat Polimoli. Soundtrack Despicable Me 2 ini susah banget buat digusur dari top chart ya Sobat Polimoli.

Minggu ini banyak banget musisi baru yang masuk chart, tentu dengan single barunya juga Sobat Polimoli. Untuk minggu ini Sobat Polimoli bisa dengerin aja DJ Snake & Lil Jon dengan Turn Down For What yang ada di posisi keempat, atau Lana Del Rey dengan single barunya, West Coast yang berada di posisi ke sembilan.

Mau tau chart lengkapnya? Cekidaaawwt!

 

1. Pharrell Williams – Happy

2. John Legend – All of Me

3. Idina Menzel – Let It Go

4. DJ Snake & Lil’ Jon – Turn Down For What

5. Ed Sheeran – Sing

6. Justin Timberlake – Not a Bad Thing

7. Jason Derulo feat. 2 Chainz – Talk Dirty

8. Paramore – Ain’t it Fun

9. Lana Del Rey – West Coast

10. Christina Perri - Human

 

 

Halo Sobat Polimoli!

Buat kalian yang udah nunggu track Indonesia mana nih yang ngerajai chart menjelang long weekend ini, tenang! Kita udah punya Listnya untuk Kalian!

Di minggu lalu, lagu cinta terbaru milik Abdul and The Coffee Theory yang berjudul sibuk, menggeser lagu super catchy milik Hi-Vi yakni Heartbeat. apakah kali ini dia masih bisa bertahan?

*drum rooolllllll*

Yak, ada juaranya tetep nih Sobat Polimoliiiii. Juaranya tetep single dari Abdul and The Coffee Theory yang berjudul Sibuk! lagu ini emang keren banget dan cocok buat kalian pasangan-pasangan baru untuk saling gombal pake lagu ini. hehehe.

Hi-Vi, The Overtunes dan RAN yang sempat merajai chart kini harus rela turun di peringkat ke dua, ketiga dan keempat Sobat Polimoli. Yang baru di chart Indonesia minggu ini adalah Trio Lestari dengan singlenya, Gelora Cintaku.

Penasaran track lain yang masuk chart? Ini dia chart lengkapnya, cekidot!

 

1. Abdul & The Coffee Theory – Sibuk

2. Hi-Vi – Heartbeat

3. The Overtunes – Sayap Pelindungmu

4. RAN – Begitu Saja

5. Trio Lestari – Gelora Cintaku

6. Ryan Tedja – Menyesalnya Aku

7. The Sunday People feat. Davina Raja – Hanya Satu Hari

8. Andira – Hanya Kamu

9. Gita Gutawa – Rangkaian Kata

10. Radhini – Kebebasan

Ini dia 2 orang pemenang yang berhasil mendapatkan 1 buah powerbank dan pulsa 100k. Pemenang Power bank : Ressa Rizky Mutiara Pemenang Pulsa 100k : Amelia Syahrani Selamat buat pemenang silahkan kirim data diri kamu ya ke quizpolimoli@gmail.com

Keperawanan dan Keperjakaan Itu Penting Nggak Sih Sobat Polimoli ? polimolidotcom - 1 week ago

http://www.arigbuy.com/xiaomi-cell-phone.html Qualcomm 28nm dual-core 1.7GHz, king of dual-core device. Equipped with Qualcomm Snapdrong S4 Pro dual-core 1.7GHz, use the same as XIAOMI 2S' 28 nanometer technology and the new Krait 300's structure, single core performance. Increase 25% more than XIAOMI 2, has already beyoung many quad-core device performance, easily to support any applications, make youth full of spirit.

Confirmed: Xiaomi Hongmi 2 dengan Display 5,5 inci Micss Davies - 1 week ago

kalau memang dijaga di dlm sel penjara, harusnya pas memfoto ada cahaya dri layar hpnya dong. dan kalau ada cahaya berarti si phillip wood pasti ketahuan sama penjaganya. think logic friend!

Salah Satu Penumpang MH370 Sempat Mengirim Pesan Minta Tolong dari Diego Garcia γαεστρο ορλύ - 1 week ago

penting banget dong menjaga keperwanan atau keperjakaan kita. karena dalam setiap agama manapun mengajarkan kita untuk hanya melakukan hubungan sex dengan pasangan suami/istri. selain itu menjaga keperawanan hingga waktu yang tepat sama dengan menerapkan kesehatan bagi tubuh kita agar terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan daerah reproduksi. yang lain tentu saja keperwanan bagi wanita harta yang tidak ternilai dan harus diberikan kepada orang yang tepat.

Pentingkah Keperawanan dan Keperjakaan ? Tri Budianto - 2 weeks ago

dikit-dikit amerika... dikit-dikit yahudi.. emangnya ga ada yang laen?

Salah Satu Penumpang MH370 Sempat Mengirim Pesan Minta Tolong dari Diego Garcia Deathforthepast Ozawa - 2 weeks ago